Selasa, 26 April 2011

Dua Kecamatan di Kaur Dijadikan Kota Minapolitan Rumput Laut


BENGKULU : Kecamatan Maje dan Nasal di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, akan dijadikan kota minapolitan karena memiliki potensi melimpah di sektor kelautan. 

"Di dua daerah itu juga akan dikembangkan budi daya rumput laut karena memiliki hamparan karang cukup luas dan menjadi lokasi rumput laut tumbuh subur," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kaur Udin Situmeang di Bengkulu, Rabu (13/4).

Dua daerah itu lokasinya berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung, sehingga sangat cocok dikembangkan sektor perikanan laut karena akses pemasarannya cukup dekat Kota Bandar Lampung. "Program kota Minapolitan atau kawasan pengembangan perikanan laut
tersebut sesuai dengan letak geografis di dua kecamatan itu lokasinya berada di pesisir laut timur," katanya.

Kawasan pantai dalam dua kecamatan itu tidak hanya memiliki potensi ikan, tetapi keindahan alam juga dapat menjadi daya tarik tersendiri, terutama melihat saat matahari mau terbenam. Untuk mendukung program kota Minapolitan itu, pihaknya telah mengembangkan sejumlah program, antara lain memberikan sejumlah pendidikan dan sosialisasi pada masyarakat setempat dalam upaya pengembangan usaha rumah tangga.

Dengan dukungan pemerintah kabupaten untuk membangun sarana skala prioritas antara membangun lokasi pendaratan ikan laut sekaligus mencarikan pemasaranan, warga setempat diharapkan bisa meningkatkan kesejahtraan mereka melalui hasil tangkapan dan usaha laut lainnya. "Sekarang kedua kecamatan itu kawasan pesisir laut sudah mulai nampak bekembang baik kelompok perikanan maupun usaha pribadi, salah satunya dengan budi daya rumput laut serta mulai mandirinya sejumlah nelayan," ujar Udin.

Share/Bookmark